Kamis, 26 Juli 2012

Bayi Ini Bisa Bertahan Hidup Berkat Lubang di Jantungnya

       Inggris, Jayden Brooks lahir dengan kondisi jantung terbalik dan ada lubang di jantung yang membuatnya harus menjalani operasi. Namun ternyata dokter mengungkapkan lubang di jantungnya ini justru membantu ia bertahan hidup sambil menunggu operasi.
Jayden yang kini berusia 7 bulan lahir dengan kondisi jantung langka yang menyebabkan darah di dalam tubuhnya mengalir ke arah yang salah. Kondisi ini secara bertahap membuat organ di tubuhnya kekurangan oksigen.
Selain itu Jayden juga diketahui memiliki lubang di jantungnya. Namun dokter berpikir bahwa cacat adanya lubang dijantungnya ini justru menyelamatkan hidupnya, meski ia tetap harus dirawat di Southampton General Hospital.

"Dalam waktu 5 jam setelah lahir ia didiagnosis ada yang salah, dan itu salah satu perasaan terburuk bahwa Jayden harus dibawa ke ruang operasi dan menjadi hari terpanjang dalam hidup saya," ujar John (41 tahun), seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (24/7/2012).
Diketahui dalam waktu beberapa jam setelah kelahirannya perawat menyadari ada sesuatu yang salah dengan Jayden karena tubuhnya berubah jadi ungu dan hasil scan mengungkapkan sesuatu yang mengerikan.
Dokter membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk memastikan bahwa Jayden didiagnosis dengan cacat jantung yang dikenal sebagai 'transposition of the great arteries' dan ada lubang dijantungnya. Ia pun segera dilarikan ke unit spesialis jantung anak di Southampton Hospital.

"Para dokter mengatakan lubang dibagian bawah jantungnya telah membuat darah mengalir antara dua dasar katup dan membantu menyelamatkannya," ujar sang ibu Jennifer (26 Tahun).
Sebelum operasi kondisinya terbilang parah karena ia harus tidur dengan dilengkapi alarm khusus di bagian bawah kasur untuk membangunkan John dan Jennifer jika jantung Jayden tiba-tiba berhenti.
Dokter harus menunggu beberapa waktu sampai jantungnya kuat, tapi saat menunggu ini membuat Jayden harus kehilangan sepertiga berat badannya. Ia hanya memiliki berat badan 2,9 kg saat menjalani operasi yang berlangsung selama 6 jam, padahal awalnya ia lahir dengan berat badan 4,1 kg.

"Sungguh melegakan ketika dokter ahli bedah datang dan memberitahu kami bahwa operasi sudah berjalan dengan sukses dan Jayden berada dalam kondisi pemulihan," ungkap Jennifer.
Saat ini Jayden sudah kembali pulang ke rumahnya di Plymouth dan ia tumbuh seperti bayi normal lainnya yang kini sudah memiliki 2 gigi pertama, serta kadang bertingkah nakal layaknya anak-anak. (detikhealth)
Komentar
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter