Minggu, 09 Oktober 2011

HARRY POTTER AND THE SORCERER’S STONE


            Film Harry Potter yang pertama ini diadaptasi dari cerita novelnya yang berjudul Harry Potter and the Philosopher’s Stone. Film ini tayang perdana pada 16 November 2001 dan sangat sukses di tahun 2001. Seorang agen Warner Brothers membeli hak cipta film ini dengan harga yang relative murah, sebelum bukunya meledak di pasaran.
            Pada film pertama ini J.K. Rowling bersikeras menegaskan bahwa semua pemain haruslah orang Inggris, supaya film ini tetap bernuansa Inggris seperti bukunya. Ada pengecualian pada orang Irlandia yaitu karakter Seamus Finnigan (Devon Murray), Professor Albus Dumbledore (Richard Harris), dan Madam Hooch (Zoe Wanamaker, yang kelahiran Amerika).
            Syuting film ini diambil di Leavesden Film Studios dan bangunan bersejarah di seluruh Kerajaan Inggris. Tim dalam pembuatan film ini antara lain Chris Columbus sebagai sutradara, Steve Kloves sebagai penulis skenario, dan David Heyman sebagai produser. Pada ujung tahun 2001, seri film pertama Harry Potter ini meraup paling banyak keuntungan. Di minggu pertama penayangan di Amerika Serikat saja, telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar US$ 93,5 Juta (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film 1999, The Lost World : Jurassic Park)
            Dengan anggaran $ 125 Juta, film ini berhasil mencatat pendapatan kotor sebesar US$ 976.475.550 dari seluruh dunia (berada ditempat ketiga film terlaris sepanjang masa setelah Titanic dan The Lord Of The Rings : The Return Of The Kings dan menerima tiga nominasi Oscar). Film ini didominasikan untuk banyak penghargaan.
Komentar
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter