Minggu, 10 Januari 2010

Pembagian Al-Qur'an

Sejak zaman sahabat telah ada pembagian Al-Qur'an menjadi 1/2, 1/3, 1/5, 1/7, 1/9, dan sebagainya. Pembagian tersebut sekadar untuk mempermudah hafalan & amalan tiap-tiap hari, baik dalam shalat maupun diluar shalat. Pembagian itu tidak ditulis dalam al-Qur'an atau pun dipinggirnya. Barulah pada masa al-Hajjaj ibn Yusuf as-Saqafi diadakan penulisan didalam atau dipinggir al-Qur'an dan ditambah dengan istilah-istilah baru.
Al-Qur'an yang terdiri dari 114 surah dibagi menjadi 30 juz dan 60 hizb. Tiap-tiap surah ditulis namanya dan ayat-ayatnya,dan tiap-tiap hizb ditulis dipinggirnya yang menerangkan hizb pertama, kedua, dst. Tiap-tiap hizb dibagi menjadi 4 dengan tanda-tanda tertentu.
Disamping itu ada pembagian yang lebih pendek lagi,yaitu ruku'. Ad 554 ruku' dalam al-Qur'an. Surah yang panjang berisi beberapa ruku', sedangkan surah-surah yang pendek-pendek berisi satu ruku'. Tiap-tiap ruku' diberi tanda dipinggirnya dengan huruf 'ain. Adapun pertengahan al-Qur'an (nisful-Qur'an),terdapat pada surah al-Kahfi ayat 19 pada lafaz: “walyatalattaf” yang artinya: hendaklah ia bersikap hati-hati dan sopan.
Komentar
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter