Selasa, 19 Februari 2013

Microsoft Tengah Garap Windows 9

       Microsoft akan meluncurkan sistem operasi teranyar Windows 8 pada (26/10), namun perusahaan dikabarkan telah memulai mengerjakan Windows terbaru yang diberi kode Windows 9.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kabar ini namun Head of Technology for Partners James Akrigg mengonfirmasi kabar bahwa Windows 9 menjadi proyek utama yang akan dirilis Microsoft.

Di sela-sela acara Misco Expo 12 di Inggris, saat ditanya mengenai harapannya tentang Windows 8, Akrigg mengatakan, "Saya tidak akan mengatakan kami akan melakukan kesempurnaan dengan Windows 8 karena kami telah bekerja pada Windows 9." Demikian dilansir dari Softpedia, Rabu (3/10/2012).

Sementara itu, sumber terdekat juga menunjukan bahwa Microsoft tengah berkerja pada produk Windows yang disebut dengan Windows Blue. Produk itu juga digadang-gadang menjadi produk terbaru Microsoft setelah Windows 8. 

       Menurut seorang anggota forum PCBeta yang dikutip oleh Phone Arena, penerus Windows 8 yang dikenal dengan sebutan "Windows Blue" juga memiliki alias lain, yaitu "Windows 9 Dev".

Windows Blue yang disebut akan menjadi Windows versi murah bakal memiliki tampilan antarmuka yang baru, termasuk perubahan platform dan harga. Microsoft sepertinya ingin agar semua orang dapat memakai Windows Blue dengan membanderol harga yang relatif murah atau bahkan gratis guna meningkatkan jumlah pengguna.

Seperti Windows Phone 8, sistem operasi ini dikatakan bakal memiliki tampilan Live Tiles, aplikasi yang ukurannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna.

Microsoft juga disebut akan tetap mempertahankan lingkungan desktop seperti versi-versi Windows terdahulu, tapi akan ada perubahan tampilan interface agar terlihat lebih "flat" dan selaras dengan konsep visual yang diusung oleh user interface ala Metro.

Di dalamnya, Microsoft bisa jadi akan memakai kernel Windows baru, versi 6.3, yang akan membuat segalanya berjalan lebih mulus. Peningkatan lainnya termasuk dukungan untuk tablet berukuran 7 dan 8 inci, yang hingga saat ini masih belum ada di ekosistem Windows.

Menariknya, karena ingin versi Windows ini dipakai oleh sebanyak mungkin pengguna, Microsoft juga dikabarkan bakal menyalurkan update "Windows Blue" secara gratis sekitar pertengahan 2013 nanti.
Komentar
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wih windows 9 sudah dibikin ya, mau mencoba install windows 8 saja belum kesampaian.

Posting Komentar

Flag Counter