Kamis, 17 Juni 2010

The Orichalcum Pillar

Konon setiap dewa memiliki wilayahnya sendiri2 di muka bumi ini, tempat manusia membuat kuil dan melakukan pengorbanan utk mereka. Poseidon mendapatkan pulau Atlantis, tempat ia menghasilkan keturunannya dgn seorang wanita biasa.

Pulau itu menghadap ke lautan, di tengah2 pulau terdapat dataran yg subur tempat segala jenis tumbuhan bisa hidup. Di dekat dataran, sekitar 50 stadia dari pusat pulau, terdapat satu gunung yg td terlalu tinggi dilihat dari sisi mana pun. Pada gunung itu berdiam seorang laki2 bernama Evenor bersama istrinya ceppe. Mereka memiliki seorang putri bernama Cleito.

Ketika gadis itu beranjak dewasa, kedua orang tuanya meninggal dunia. Poseidon jatuh cinta pada si gadis. Hubungan intim yg mereka lakukan telah menyebabkan lobang yg besar di permukaan tanah dan menutupi bukit tempat si gadis tinggal. Mengubah laut dan daratan membesar dan mengecil, saling melingkari satu sama lain. Ada dua datan dan tiga lautan yg ia ubah dgn kekuatanny. tiap lingkaran laut dan daratan memiliki jarak yg sama dgn pusat pulau. Sejak itu tidak ada org yg bisa mencapai pulau tersebut dgn menggunakan kapal.

Poseidon kemudian menjadi dewa tempat itu. ia tidak memiliki kesulitan utk menetapkan aturan bagi pulau tersebut, Dari dasar bumi muncul dua jenis mata air. Satu mata air hangat, satu lagi dingin. Segala jenis tumbuhan untuk berbagai bahan makanan tumbuh subur di atas pulau. Ia mendapatkan 5 pasang anak laki2 dari Cleito. kemudian ia membagi Pulau Atlantis menjadi sepuluh bagian. untuk putra sulungnya ia memberikan tanah kelahiran Cleito dan daerah sekitarnya yg merupakan wilayah terluas dan terbaik. Putra sulugnya ia tetapkan sebagai raja2 di antara saudara2nya yg diangkat menjadi pangeran. mereka masing2 mendapatkan daerah yg luas dan memerintah banyak orang.

Ia memberikan nama utk tiap putranya. Putera tertua menjadi raja pertama dan diberi nama Atlas. Sejak itu seluruh pulau dan lautan yg mengitarinya disebut dgn atlantik. Saudara kembar Atlas ia beri nama Eumelus. Pasangan kembar kedua satu diberi nama Ampheres dan lainnya Evaemon. Anak tertua dari pasangan kembar ketiga dberi nama Mneuseus dan Asli untuk adiknya. pasangan kembar keempat dberi nama Elasippus dan Mestor utk yg lebih muda. Pasangan kelima diberi nama Azaes dan Diaprepes utk adiknya.
Kelak keturunan mereka selama sekian generasi adalah penguasa dari penduduk yg berdiam di pulau2 dgn laut terbuka. Dan seperti yg sudah aku ceritakan, kekuasaan mereka telah menggentarkan dunia sampai dgn pillar hingga sejauh Mesir dan Thrhenia.

Atlas kemudian memiliki keluarga besar terhormat yg menjadi penguasa kerajaan. Tiap anak sulung melanjutkan kekuasaan pada tiap generasinya. Mereka memiliki kekayaan yg belum pernah dimiliki oleh raja mana pun dan tidak akan pernah ada yg bisa menyamai. Segala keperluan tersedia utk setiap apa yg mereka butuhkan, baik bagi kota maupun daerah2 sekitarnya. karena kebesaran kerajaan mereka, banyak benda2 yg dberikan utk mereka berasal dari negeri lain. Pulau itu sendiri menyimpan apa saja yg mereka butuhkan dlm hidup.

Dari dalam perut bumi mereka menggali apa saja yg mgkn bisa dtemukan. Dalam penggalian dtemukan sebuah benda padat yg skrg tinggal nama tetapi dulunya lebih dari sekadar nama, orichalcum. Benda itu digali dari dasar bumi pada banyak tempat di pulau tersebut. Nilai benda itu melebihi nilai apa saja pada waktu itu, kecuali emas.

Di ulau tersebut kayu sangat melimpah ruah utk diolah oleh tukang kayu. Juga cukup utk dijadikan perlengkapan guna memelihara hewan ternak dan berburu hewan liar, lebih dari itu, terdapat banyak gajah di sana. mereka berbagi tempat dan makanan dgn hewan2 lainnya, baik hewan yg hidup di sungai dan danau maupun hewan yg hidup di gunung dan dataran tinggi. Termasuk juga dgn hewan2 plg besar dan paling buas di antara mereka.

Akar, kayu dan buah2an yg intisarinya menghasilkan bau yg wangi terdapat melimpah di pulau itu. Buah2an yg sengaja ditanam bisa dbedakan dua jenis. Pertama adalah buah kering yg djadikan sebagai makanan, kedua adalah buah2 dgn kulit keras dgunakan sebagai minuman dan pbat penyakit kulit. sementara buah sarangan dan sejenisnya memberikan kesenangan dan hiburan. Buah2an yg elah disimpan bisa dgunakan sebagai hidangan penutup setelah makan malam, setelah puas menikmati segala jenis makanan di pulau ini. usai semua itu tibalah saatnya utk menikmati cahaya matahari yg melimpah ruah secara menakjubkan.

Dengan semua keberlimpahan yg mereka dapatkan, mereka kemudian membangun kuil, istana, pelabuhan dan galangan kapal. fan mereka mengatur keseluruhan negeri dgn aturan sebagai berikut:

pertama2 mereka menghubungkan tiap tempat yg dipisahkan oleh laut yg mengelilingi metropolis kuno. membangun jalan dari dan menuju istana raja. Pertama sekali mereka membangun istana yg dmaksudkan sebagai temapt berdiam dewa dan nenek moyang mereka. tempat yg kemudian terus dpelihara dari generasi ke generasi mereka. Setiap raja selalu mengungguli raja sebelumnya yg telah eprdi dlm hal kekuasaan. Hingga akhirnya tempat itu menjadi keajaiban karena ukuran dan keindahannya.

Kemudian mereka menggali kanal yg dimulai dari arah laut. Kanal itu memiliki lebar tiga ratus kaki. Kedalaman seratus kaku, dan panjangnya lima puluh stadia, menggalinya hingga tempat terjauh dari laut, sehingga terbentuk rute yg dpt dlalui dari laut yg kemudian menjadi pelabuhan. Sisanya bisa dijadikan tempat utk kapal2 besar bersandar, bagian dalam istana yg dilingkari oleh tembok yg kokoh dbangun dgn ketentuan berikut. Pada bagian dalamnya terdapat kuil yg dpersembahkan utk poseidon dan cleito. Disekelilingnya dihiasi oleh lempengan emas. tidak semua org bisa masuk ke tempat itu. inilah tempat pertama kali dmn keluarga dari sepuluh pangeran pertama kali melihat cahaya dan di tempat ini setiap tahunnya rakyat mempersembahkan buah2an yg dbagi menjadi sepuluh macam.

Disinilah letak kul poseidon dgn lebar satu stadium, jarak setengah stadium dan tinggi yg proporsional. Kuil itu memiliki tampilan yg asing. semua bagian luar kul, kecuali bagian puncaknya ditutupi dgn perak, sedangkan bagian puncaknya mereka tutupi dgn emas. Atap pada bagian dlm kuil terbuat dari gading gajah. Dengan menakjubkan bagian itu masih dtutupi dgn emas, perak dan orichalcum. Sedangkan bagian dinding, lantai dan tiangnya hanya dtutupi dgn orichalcum.

Perintah militer berlaku di kota kerajaan, sementara di sembilan kota lainnya bervariasi. mengenai jabatan dan penghormatan, pad awalnya diatur sebagai berikut, tiap raja dari sepuluh raja pada wilayah mereka masing2 memiliki kekuasaan yg absolut terhadap rakyat. pada beberapa kasus dl luar ketentuan hukum mereka bisa menghukum dan membunuh siapa saja. Sekarang dibuat hukum dan ketentuan yg lebih tinggi atas mereka. Dan hubungan timbal balik antara mereka diatus oleh poseidon yg menguasai setiap hukum dan ketentuan. Semua ini dituliskan oleh raja pertama pada Pillar Orichalcum yg terletak dtengah2 pulau pada kuil poseidon. Tempat para raja brkumpul setiap enam tahun sekali. Memberi penghormatan yg sama utk urutan ganjil dan genap.
Komentar
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter